Kamis, 15 Desember 2011

Pengertian dan Tujuan Sosialisasi

A. Pengertian Sosialisasi
 Secara umum
Adalah proses belajar seorang anggota masyarakat untuk mengenal dan menghayati norma dan nilai yang berlaku sehingga terjadi pembentukan sikap untuk berprilaku sesuai dengan tuntutan prilaku masyarakatnya.
Proses sosialisasi berlangsung secara bertahap dimulai sejak lahir sampai dewasa/tua.
 Menurut para tokoh:
1) Kamus Besar Bahasa Indonesia, Sosialisasi adalah proses belajar seorang anggota masyarakat untuk mengenal dan menghayati kebudayaan masyarakat di lingkungannya (atau juga dapat didefinisikan sebagai suatu proses sosial yang terjadi bila seorang individu menghayati dan melaksanakan norma kelompok tempat ia hidup, sehingga merasa menjadi bagian dari kelompoknya tadi).
2) Bruce J. Cohen, yaitu proses dimana manusia mempelajari tata cara kehidapan dalam masyarakatnya, untuk memperoleh kepribadian dan membangun kapasitas untuk berfungsi, baik sebagai individu maupun sebagai anggota kelompok.
3) Soerjono Soekanto, Sosalisasi adalah suatu proses sosial tempat seorang individu mendapatkan pembentukan sikap untuk berperilaku sesuai dengan prilaku orang-orang di dalam kelompoknya.
4) Peter L. Berger, sosialisasi adalah proses pada anak yang sedang belajar menjadi anggota masyarakat.
5) George Herbert Mead, sosialisasi adalah proses seseorang belajar untuk mengetahui peranan yang harus dijalankan dan peranan yang harus dijalankan oleh orang lain.
Berdasarkan pengertian di atas, sosialisasi dapat disimpulkan sebagai:
1. Sosialisasi ditempuh seorang individu melalui proses belajar untuk memahami, menghayati, menyesuaikan dan melaksanakan suatu tindakan sosial yang sesuai dengan pola prilaku masyarakatnya.
2. Sosialisasi ditempuh seorang individu secara bertahap dan berkesinambungan sejak lahir hingga mati.
3. Sosialisasi erat kaitannya dengan Enkulturasi (pembudayaan), yaitu proses mempelajari dan menyesuaikan pikiran dan sikapnya sesuai adat-istiadat, sistem norma, dan peraturan yang berlaku dalam kebudayaan masyarakatnya.

B. Tujuan Sosialisasi:
 Tujuan umum sosialisasi:
a. Agar orang mampu menjadi anggota masyarakat yang baik
b. Adar orang dapat menyesuaikan tingkah lakunya sesuai dengan harapan masyarakat
c. Agar orang dapat lebih mengenal dirinya sendiri dalam lingkungan sosialnya
d. Agar orang menyadari eksistensi (keberadaan) dirinya terhadap masyarakat di sekelilingnya.
 Tujuan pokok sosialisasi:
Menurut Bruce J. Cohen, adalah:
a. Memberikan keterampilan yang dibutuhkan seseorang dalam kehidupan di tengah masyarakat.
b. Menanamkan nilai-nilai dan kepercayaan pokok yang ada di masyarakat
c. Mengembangkan kemampuan individu untuk berbicara dan berkomunikasi dengan baik
d. Mengembangkan kemampuan individu untuk mengendalikan diri sesuai fungsinya sebagai bagian dari masyarakat dengan seringnya ia mengoreksi perbuatan yang sudah dilakukan apakah itu benar atau salah.

Kesimpulannya adalah bahwa sosialisasi memiliki tujuan untuk mempelajari nilai, norma, pengetahuan dan keterampilan sebagai pedoman dalam kehidupannya dalam rangka membentuk kepribadian

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar